Hidup Sehat Tanpa Gula

Spread the love

Oleh: dr. Gusti Adintya

Dulu, banyak orang beranggapan bahwa sakit gula atau diabetes mellitus (DM), merupakan penyakit yang diderita masyarakat menengah ke atas. Namun kenyataannya, pada hari ini mendekati delapan juta masyarakat Indonesia menderita DM, dari berbagai kalangan ekonomi. Masih banyak masyarakat tersebut tidak menyadari risiko DM yang dimiliki. Gaya hidup modern yang umumnya tinggi kalori dan minim aktivitas fisik merupakan faktor terbesar yang mengakibatkan semakin tingginya penderita DM.

Diabetes saat ini muncul di usia yang semakin muda.

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukkan usia rata-rata pasien Diabetes Tipe 2 menurun dari 52 tahun menjadi 46 tahun. Artinya, semakin banyak orang yang terdiagnosis Diabetes di usia yang lebih muda. Jika dulu umumnya orang mulai menderita DM menjelang usia 40 tahun, saat ini bahkan beberapa orang menderita DM sebelum usia 30 tahun. Konsumsi makanan cepat saji dan makanan minuman tinggi gula merupakan salah satu penyebab utama munculnya fenomena ini.

Urbanisasi dan pekerjaan

Meningkatnya urbanisasi juga berkontribusi pada meningkatnya kejadian DM. Semakin padatnya penduduk membuat sempitnya ruang gerak yang dimiliki setiap orang. Akibatnya, gaya hidup perkotaan seperti di Jakarta membuat semakin jarang penduduknya yang pergi ke kantor atau ke sekolah dengan berjalan kaki. Penelitian menunjukkan bahwa prevalensi Diabetes ibu rumah tangga pada ibu rumah tangga dan karyawan lebih tinggi daripada petani dan nelayan.

Kenali faktor risikonya

Jika Anda memiliki saudara baik kakak, adik, orang tua, maupun kakek dan nenek dengan DM, maka Anda pun memiliki risiko DM. Memiliki riwayat DM di keluarga tidak memastikan bahwa Anda akan menderita DM, namun Anda perlu memahami risikonya dan waspada dengan gejalanya.

Makanan yang tinggi gula seperti minuman manis, kue, dan nasi merupakan makanan yang perlu dihindari. Diet yang seimbang adalah mengisi piring dengan seperempat nasi (karbohidrat), seperempat dengan lauk pauk, dan setengahnya dipenuhi dengan sayuran.

Tingkatkan aktivitas fisik Anda dengan menjadwalkan olahraga secara teratur. Idealnya, dalam seminggu dua hingga tiga kali olahraga dengan durasi masing-masing tiga puluh menit. Jika tidak sempat berolahraga, cobalah selipkan aktivitas fisik di sela-sela rutinitas misalnya, turun 1-2 halte sebelum tujuan Anda, sehingga Anda memiliki kesempatan berjalan kaki lebih jauh. Cara lain adalah lebih sering naik dengan tangga daripada menggunakan lift.

Keluarga juga merupakan salah satu faktor penting dalam penanganan kasus DM. Karena penderita DM membutuhkan perubahan gaya hidup dan pola makan jangka panjang, dukungan keluarga sangat diperlukan demi menjaga konsistensi. Misalnya, dengan rutin berolahraga Bersama dan mengurangi konsumsi gula pada anggota keluarga yang sehat untuk mendukung penderita DM.

Kurangnya upaya pencegahan

Sayangnya, walaupun DM merupakan penyakit yang serius dan menimbulkan kerugian yang besar, upaya pencegahan dan peningkatan kepedulian masyarakat masih minim. Contohnya, pengendalian kadar gula pada makanan dan minuman. Idealnya, konsumsi harian gula adalah 5% dari total kalori, atau sekitar 50 gram (12 sendok teh atau 4 sendok makan). Namun, pada minuman teh kemasan misalnya, kandungan gula pada 300 mL teh setara dengan 26 gram. Tidak jarang pula orang meminum lebih dari dua teh dalam kemasan setiap harinya.

Menjelang hari Diabetes sedunia, Globular HI mengajak teman-teman untuk memperbaiki gaya hidup; mengurangi konsumsi gula, meningkatkan aktivitas fisik, dan memberikan dukungan kepada keluarga dan kenalan yang menderita DM. Dengan gaya hidup sehat, DM bisa dicegah dan penderitanya pun tetap mampu berumur Panjang tanpa komplikasi.

Sumber:

1.https://www.mckinsey.com/industries/healthcare-systems-and-services/our-insights/tackling-indonesias-diabetes-challenge-eight-approaches-from-around-the-world

2.https://www.researchgate.net/publication/259152431_Challenges_in_diabetes_management_in_Indonesia_A_literature_review

3.http://www.who.int/diabetes/country-profiles/idn_en.pdf

4.https://www.nhs.uk/common-health-questions/food-and-diet/how-much-sugar-is-good-for-me/

 

This Post Has One Comment

  1. t.o.p

Leave a Reply

Close Menu